0 %

Mon, 9 Oct 2023
Cara Meredakan Batuk: Kering vs Berdahak

Hai Sobat Combi! Pernahkan kamu merasa bingung untuk menangani batuk yang berdahak dan batuk yang kering? Apakah ada perbedaaan penyebab kedua batuk tersebut? Yuk simak dulu informasi di bawah ini!

Batuk kering atau batuk yang tidak memproduksi dahak umumnya disebabkan oleh beberapa penyakit seperti asma, GERD, dan alergi¹. Batuk kering ini memiliki gejala tersendiri, di mana batuk akan lebih intens di malam hari.

Batuk berdahak, yang juga dikenal sebagai batuk produktif, bisa disebabkan oleh beberapa hal, namun paling sering terjadi karena infeksi virus yang memicu produksi lendir yang berlebihan. Batuk berdahak memiliki gejala rasa mengganjal di belakang tenggorokan akibat penumpukan lendir². 

Bagaimana seharusnya kita menangani kondisi ini? Jika kamu mengalami batuk berdahak atau batuk kering, kamu bisa mengambil beberapa langkah sederhana di rumah, seperti mandi dengan air hangat, hindari menelan dahak dan hindari paparan asap rokok karena bisa memicu semakin banyak dahak⁴. Gunakan humidifier untuk membantu menjaga kelembapan udara di dalam ruangan sehingga bisa menenangkan saluran pernapasan dan mengurangi sakit tenggorokan akibat batuk kering¹. Selain itu, cobalah tidur dengan posisi kepala lebih tinggi³ serta konsumsi makanan dan minuman hangat untuk membuat tenggorokan lebih lega².

Jika kamu memutuskan untuk konsumsi obat batuk berdahak, kamu bisa memilih obat yang mengandung Succus Liquiritiae. Senyawa ini bekerja sebagai ekspektoran yang dapat mengencerkan dahak⁵, sehingga membantu meredakan batuk berdahak. Sementara untuk atasi batuk kering, obat antitusif dapat menjadi pilihan, karena obat ini bisa membantu mengurangi refleks batuk⁶.

Jadi, saat menghadapi batuk, penting untuk senantiasa memantau keluhan yang dialami. Jika masih ragu batuk anda bukan batuk biasa karena gejalanya berat dan berlangsung lama, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Ingatlah, menjaga kesehatan adalah suatu investasi berharga yang akan memberikan manfaat jangka panjang.

Semoga informasi yang disajikan dalam artikel ini bermanfaat dan membantu kamu saat membutuhkan cara mengatasi batuk.

 

Daftar Pustaka:

  1. “Kenali Perbedaan Batuk Kering dan Berdahak serta Obatnya”. Link

  2. “Penyebab Batuk Kering, Gejala, dan Cara Mengatasinya”. Link

  3. "What can cause a dry cough?". Link.

  4. “19 home remedies for phlegm and mucus”. Link

  5. “Cermat dalam Memilih Kandungan Obat untuk Atasi Flu”. Link

  6. "Obat Batuk Berdahak dan Batuk Kering yang Aman Dikonsumsi”. Link